Dosen: Aldri Frinaldi, S. H., M. Hum
19700212
199802 1 001
OLEH
Dita Anggraini
1101612 / 2011
A. Website pemerintah ( bpn.co.id )
1. Lengkap,
Akurat, dan Cepat
Informasi
yang disajikan lebih lengkap, lebih akurat, dan cepat. Kelengkapan dan
keakuratan informasi di website pemerintah lebih penting dibanding kecepatan update.
Ini yang membuat berbeda dari media massa swasta. Dengan tiga hal ini, maka
website pemerintah akan lebih dibutuhkan masyarakat, termasuk wartawan dari
media massa yang akan mempublikasikan kembali informasi di medianya
masing-masing.
2. Menu dan
Navigasi
Menu konten yang disajikan harus didefinisikan dari
awal pembuatan website. Apa saja menu yang strategis perlu dijadikan sub kanal
di homepage. Penentuan menu sangat tergantung dari tujuan website
tersebut dibuat. Apakah lebih mengedepankan pelayanan masyarakat atau mengedepankan
penyampaian informasi sebuah kebijakan, misalnya.Website yang baik adalah yang
memiliki navigasi yang mudah dimengerti oleh pembacanya. Begitu pembaca masuk
ke website tersebut, dia akan dengan mudah mengetahui ke bagian mana dia akan
berselancar.
3. Konten
dan Penyajian
Konten atau
isu apa yang akan disajikan. Ini harus diperhitungkan, karena menyangkut target
pembaca yang akan dituju dan terkait dengan kebutuhan SDM. Penyajian konten
juga diperhatikan, apakah menyajikan konten itu dengan tulisan layaknya berita
atau menyajikannya secara utuh, dan sebagainya.Konvergensi Di era saat
ini, informasi tidak hanya disajikan lewat teks. Tapi juga melalui foto dan
video. Apabila website pemerintah bisa menyajikan ketiga bentuk konten ini,
maka itu akan lebih baik, harapan pembaca agar mengetahui permasalahan secara
detil akan terwujud.
4. Pelayanan
dan Interaksi
Di mana pun, lembaga pemerintah adalah lembaga
pelayanan. Karena itu, di website pemerintah harus ada fasilitas pelayanan
untuk masyarakat. Begitu juga dengan interaksi dengan pembaca/masyarakat.
Website memungkinkan komunikasi yang terjalin dua arah. Bahkan, website
pemerintah akan lebih strategis kalau bisa menjadikan interaksi dengan
masyarakat lebih banyak.
5. Search
Tidak setiap
orang akan terus datang ke website pemerintah tiap hari. Masyarakat akan datang
ke website pemerintah bila perlu. Karena itu, fasilitas 'search' sangat
penting. Pembaca akan dengan mudah mencari informasi dengan mengetikkan kata
kunci di fasilitas search.
6. Kecepatan
Akses
Dukungan
kecepatan akses untuk website pemerintah sangat penting. Arsitektur IT dalam
pembangunan website pemerintah harus dibangun dari awal, termasuk dalam
perencenaa penyediaan server dan storage, hosting, dan lain-lain.
7. Mobile
Platform
Website
pemerintah akan lebih baik bila bisa diakses kapan pun dan di mana pun, dan
menggunakan alat apa pun. Karena itu, website pemerintah harus pula dibuatkan
platform mobile-nya, sehingga pembaca bisa mencari informasi melalui gadget
berlayar kecil di mana pun. Ingat! Dalam beberapa tahun mendatang, pembaca
internet akan lebih besar dari mobile.
8. Share
Social Media
Karakter
pembaca media online saat ini tidak hanya membaca, tapi juga melakukan
aktivitas lain: berdiskusi maupun ikut menyebarkan informasi. Karena social
media menjadi kekuatan yang luar biasa, terutama Indonesia, penyebaran
informasi melalui social media akan lebih efektif.
contohnya:
contohnya:
B. Website Organisasi Swasta ( Herbalife.co.id )
Perkembangan
teknologi semakin hari semakin maju. Internet merupakan teknologi yang
perkembangannya paling pesat saat ini. Orang dari berbagai kota besar dan kota
kecil mudah sekali mengakses internet. Bahkan dengan akses internet yang
disediakan oleh penyedia jasa telepon/telekomunikasi, orang-orang di pelosok
telah bisa mengakses baik lewat komputer maupun lewat handphone maupun komputer
tablet yang sekarang berkembang pesat. Bisa dipastikan hampir semua orang yang
menggunakan smartphone telah menggunakan internet. Dengan demikian internet
merupakan media yang bisa diakses semua orang.
Dengan
tersedianya media yang bisa diakses semua orang, maka perusahaan yang ingin
dikenal secara luas maupun perusahaan yang ingin menjaga hubungan dengan
pelanggannya perlu membuat situs/website yang berisi informasi profil
perusahaan maupun jasa/produk yang diberikan.
1. Meningkatkan
visibilitas/kehadiran perusahaan
Dengan
membuat website perusahaan berarti menambah visibilitas/kehadiran perusahaan.
Bisa diibaratkan perusahaan membuka showroom (ruang pamer) yang baru.
. 2.
Menyediakan
informasi profil perusahaan secara detail
Pada saat
suatu perusahaan berhubungan dengan perusahaan lain yang baru dikenalnya (misal
baru saja menerima penawaran), mungkin dia akan mencari tahu lebih mengenai
profil perusahaan yang baru saja memberikan penawaran. Perusahaan ini harus
mengetahui profil dari perusahaan lain yang mungkin akan menjadi rekanan
perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut dapat mencari informasi lebih dalam
dalam website perusahaan rekanan.
. 3. Mengkomunikasikan
produk dan jasa perusahaan secara mendetail
Dalam proses
pemasaran, mungkin kita melakukan iklan di koran/majalah, iklan pada sebuah
papan reklame, atau membuat brosur. Tempat/space yang disediakan dalam koran/majalah,
papan reklame atau brosur pasti dibatasi dan tidak mudah untuk diubah
informasinya.
Sedangkan
dalam website kita dengan mudah menambah informasi yang lebih mendetail dari
produk-produk atau jasa-jasa yang kita tawarkan. Jika perusahaan kita
memiliki website maka kita hanya perlu meninggalkan alamat website/situs kita
di dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur untuk memudahkan orang atau
perusahaan mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk atau jasa yang
kita ditawarkan.
d 4.
Mengingatkan
calon pelanggan yang lupa
Dalam proses
pemasaran, calon pelanggan menerima informasi mengenai perusahaan dan jasa kita
yang mungkin didapat melalui presentasi, melihat brosure, browsing atau melihat
iklan. Calon pelanggan mungkin kehilangan kartu nama perusahaan kita dan saat
membutuhkan jasa kita dia akan mencari di internet(search engine) dan melakukan
pencarian dengan keyword nama perusahaan kita. Jika kita sudah memiliki
perusahaan, maka calon pelanggan akan dengan mudah menemukan website kita dan
kemudian menghubungi kita dan kita dapat menjual jasa/produk kita.
e 5.
Memudahkan
pelanggan menghubungi kita
Seperti
kasus sebelumnya, pelanggan mungkin kehilangan kartu nama atau nomor telepon
perusahaan kita. Pelanggan tentu mengingat nama perusahaan kita, kemudian
melakukan pencarian di internet , mencari perusahaan kita, menemukan dan
menghubungi kita kembali.
f
6. Meningkatkan
kualitas layanan pelanggan
Dalam
website kita dengan mudah menambahkan informasi-informasi yang terkait dengan
produk atau jasa kita. Kita dapat menambahkan informasi mengenai hal-hal yang
memecahkan persoalan yang mungkin dihadapi pelanggan. Informasi ini dapat
langsung dibaca pelanggan atau sebagai pedoman bagi bagian support. Dengan
demikian pelanggan mudah mendapatkan informasi mengenai keluhannya dan bagian
support juga dipermudah dalam melayani pelanggannya.
Pelanggan
dapat mencari sendiri mengenai jawaban atas keluhannya atau mengisi form
support jika gagal menemukan. Setelah form support lengkap diisi, team support
akan menrima keluhan pelanggan dan menindaklanjuti. Pelanggan dapat masuk ke website kita siang
ataupun malam. Dengan cara ini pelanggan dapat dilayani 24x7 atau 24 jam
sehari.
Dengan
adanya website kita mempunyai peluang meningkatkan kepuasan pelanggan.
Pelanggan yang puas akan terus menggunakan produk atau jasa kita,
merekomendasikan perusahaan kita kepada orang lain dan meningkatkan pendapatan
perusahaan.
g 7.
Meningkatkan
kredibilitas perusahaan
0 komentar:
Posting Komentar